Pelatihan Gerakan Olah Sampah Tuntas Rumah Tangga (GO SATU RAGA)

Bumijokel.go.id. Pada hari Kamis 12 September 2024 Kelurahan Bumijo melaksankan Inovasi Kelurahan Yaitu Gerakan Olah Sampah tuntas Skala rumah Tangga (GO SATU RAGA) Inovasi ini diujudkan dengan melaksanakan Pelatihan Gerakan Olah Sampah tuntas skala Rumah Tangga dan pelatihan ini diikuti oleh 17 Bank Sampah yang berada di wilayah Kelurahan Bumijo masing masiag bank sampah mengirimkan 2 orang peserta Pelatihan Pelatihan ini turut menghadirkan fasilitator kelurahan yang memiliki tugas mendampingi bank sampah yang ada di wilayah. Kegiatan Pelatihan Ucap KAsi PM Kleurahan Bumijo Ambariyati, SIP

Inovasi Gerakan Olah Sampah Tuntas skala Rumah tangga ini di picu dari keprihatinan Lurah Bumijo Ani Purwati S.Sos terhadap persoalan sampah yang masih menjadi tranding topik saat ini di Kelurahan Bumijo khusunya dan Kota Yogyakarta pada umumnya. Pelatihan GO SATU RAGA ini diisi dengan olahan sampah organik salah satunya cangkang telur dibuat menjadi pelet. Dipih Cangkang telur karena cangkang telur mengandung kalium, kalsium, fosfor, magnesium dan natrium. Nutrisi tersebut bermanfaat sebagai kompos, pencegah pembusukan tanaman hingga penangkal hama pada tumbuhan.” dipandu oleh narasumber bapakK Zaenal mutakim, SH. 

Kegiatan Pelatihan Gerakan olah Sampah Tuntas skala rumah tangga  dilaksanakan sebagai bentuk salah satu upaya dan keprihatinan pemerintah dalam menanggulangi penanganan sampah dan limbah di tingkat rumah tangga. Harapannya para peserta pelatihan dari unsur pengurus bank sampah di wilayah Kelurahan Bumijo dapat memberikan edukasi kepada masyarakat di sekitar terkait pengelolaan sampah dan mengajak untuk mengolah sampah limbah rumah tangga menjadi lebih bernilai dan bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari. (4mb412)