Pelatihan Batik Ecoprint Pengembangan Ekonomi Kreatif Kelurahan Bumijo

(05/14) bumijokel.jogjakota.go.id. Kelurahan Bumijo telah menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Batik Ecoprint Pengembangan Ekonomi Kreatif . Kegiatan Pelatihan Ecoprint tersebut dilaksanakan di Halaman Kantor Kelurahan Bumijo diikuti oleh 21 orang peserta yang berasal dari anggota Tim Penggerak PKK  Kelurahan Bumijo dan pelaku pegerak kerajinan membatik dan anggota UMKM Kelurahan Bumijo.

Mengusung semangat kearifan lokal dan kreativitas, warga Keurahan Bumijo telah berhasil menciptakan sebuah inovasi yang memberikan dampak positif bagi perekonomian mereka. ujar Kasie PM Kelurahan Bumijo Ambariyati, SIP.

Batik Ecoprint Jogja tidak hanya menjadi sumber penghasilan bagi masyarakat setempat, tetapi juga menjadi daya tarik budaya yang menarik perhatian dari pasar internasional. Pelatihan Batik Ecoprint Pengembangan Ekonomi Kreatif, Apkah pelatihan Ecoprint? Ecoprint berasal dari 2 kata, yaitu ‘eco’ yang diambil dari kata ekosistem berarti lingkungan hayati dan ‘print’ memiliki arti mencetak. Berdasakan asal kata tersebut maka ecoprint dapat diartikan teknik mencetak atau menciptakan produk yang memiliki unsur hayati. Adapun tujuan memberikan Pelatihan Ecoprint ini adalah memberikan wawasan dan pengetahuan lebih dalam lagi mengenai ecoprint dan meningkatkan ketrampilan bagi peserta dalam memanfaatkan potensi dari bahan alam atau tanaman yang ada di sekitar tempat tinggal kita. Dengan memberikan pelatihan tersebut diharapkan peserta mampu mempunyai keterampilan untuk meningkatkan pendapatannya dengan menggunakan bahan alam yang ada di sekitarnya. Melalui perpaduan teknik tradisional dan inovasi modern, mampu menciptakan produk batik yang berkualitas tinggi dengan sentuhan ekologis yang ramah lingkungan. Proses pembuatannya yang mengandalkan berbagai macam daun sebagai pewarna alami memberikan ciri khas tersendiri pada batik yang dihasilkan.

Kelurahan Bumijo juga memberikan pelatihan kepada masyarakat yang tertarik untuk mempelajari teknik dan proses pembuatan Batik Ecoprint Jogja. Melalui kegiatan pelatihan ini, mereka berharap dapat menginspirasi dan memberdayakan lebih banyak individu untuk terlibat dalam industri kreatif lokal. Dipimpin oleh Ibu Ani Purwati, S.Sos selaku Lurah Kelurahan Bumijo dari kegiatan Pelatihan Ecoprint diikuti dengan antusias oleh 21 peserta dari pukul 09.00 WIB hingga selesai pukul 15.00 WIB. Dengan bimbingan langsung dari Owner Miss Daun Ibu Bernadetha  Pudyas Minarsih, S.PD acara berjalan dengan lancar, diawali dengan memberikan pengetahuan secara lisan lalu dilanjutkan dengan praktik dengan metode mordan kain dasar, membuat batik ecoprint.(4mb4r)