Memerti Donotirto dan Kirab Apeman di Kelurahan Bumijo

(03/07) bumijokel.jogjakota.go.id - Dalam upaya pelestarian budaya di wilayah Kelurahan Bumijo, Kampung Pingit khususnya RW.03 mengadakan Memerti Donotirto dan Kirab Apeman yang diselenggarakan pada hari Selasa 5 Maret 2024. Acara tersebut terselenggara oleh guyub warga RW.03 Kampung Pingit dan juga LPMK. Acara diawali pada tanggal 3 Maret 2024 dengan Kerja Bakti Donotirto (bersih-bersih donotirto) dan Kerja Bakti Jl. Manunggal (merapikan jalan), kemudian tanggal 4 Maret 2024 dilakukan pemasangan tenda, panggung, dekorasi, dan gladi bersih Bergodo.

Kegiatan siang hari Kirab Apeman start dan finish melalui Gedung Serbaguna Kampung Pingit dan melalukan perjalanan dengan rute Kelurahan Bumijo, dan diakhiri dengan grebeg apeman yang diikuti oleh seluruh warga. Acara dibuka oleh Lurah Bumijo - Ani Purwati, S.Sos dan sambutan dari perwakilan LPMK, perwakilan Kemantren Jetis, dan perwakilan Panitia Kegiatan Memerti Donotirto dan Kirab Apeman Bapak Ant. Samsul Hari.

Pada malam hari nya kegiatan Memerti Donotirto diisi dengan Pentas seni anak-anak, tarian wonderland, tari rampak, pengajian dari ustad Bapak Pranoto, dilanjutkan pentas seni tari sintren, tari ikan dalam kolam, tari candi ayu, dan ditutup dengan penampilan Fraghmen Donotirto. (r12ky)