Giat forum Bank Sampah Kelurahan Bumijo

(08/12/23) bumijokel.jogjakota.go.id Forum Bank Sampah kelurahan Bumijo setiap bulan rutin melakukan pertemuan dan monitoring kegiatan Bank Sampah yang ada di Lingkungan kelurahan Bumijo. Dan Semenjak dikeluarkannya intruksi melalui Surat Edaran (SE) Walikota Yogyakarta No. 660/6123/SE/2022 tentang "Gerakan Zero Sampah Anorganik" bagi warga di wilayah Kota Yogyakarta Dan Gerakan Mbah Dirjo Resik, maka Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta menginstruksikan untuk terus menggalakkan dan menggiatkan aktivitas pengelolaan bank sampah juga untuk mengelola sampah organik dengan menggunakan Biopori di wilayah RW masing-masing.

Dalam sambutannya Lurah Bumijo, Ibu Ani Purwati, S.Sos menyampaikan bahwa "Penanganan dan pengelolaan sampah tidak hanya menjadi tanggung jawab Dinas Lingkungan Hidup saja, namun justru garda terdepan adalah warga masyarakat sendirilah yang menjadi subyek penyumbang persampahan di Kota Yogyakarta. Untuk itu sudah semestinya dan penting kiranya bagi pengurus bank sampah ini tetap konsisten dalam menggiatkan aktivitas pengelolaan sampah di wilayahnya.

Dalam Kesempatan Giat kali ini Forum Bank  Sampah Kelurahan Bumijo melaksanakan Panen ECO Enzim Clasik yang dipermentasikan selama 6 bulan. Mafaat dari classic enzyme adalah: Mengoptimalkan fungsi pencernaan dalam menyerap nutrisi dari makanan., Meningkatkan sistem metabolisme tubuh dan daya tahan tubuh, Menghilangkan radikal bebas dalam tubuh, Membantu membersihkan darah, Membantu proses peremajaan sel tubuh dan kulit seperti yang dituturkan oleh Ketua Forum Bank Sampah Kelurahan, SIti Rojanah,

Setiap bulan dalam petemuan rutin ini juga dilakukan arisan Ecobrik, Ecobrik ini dimanfaatkan sebagi bangku dan meja.

Kasi Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Bumijo, Ambariyati, SIP menyampaikan pesan bahwa sterkait dengan instruksi dari penjabat Walikota Yogyakarta melalui Dinas Lingkungan Hidup, bahwa sebagai sarana monitoring dan evaluasi bank sampah melalui grup Bank sampah RW agar setiap bulannya rutin melakukan pelaporan hasil dari gerakan GZSA dan Gerakan Mbah Dirjo Resik sebagai acuan tingkat keberhasilan program tersebut (4mb412)