Bank Sampah Berseri 35 Kelurahan Bumijo melaksanakan Pengelolaan Magot dan Pembuatan Sabun Berbahan Dasar Ecoenzyme

(13/08) bumijokel.jogjakota.go.id - Bertempat di Balai RT Bumijo, Kelurahan Bumijo  mengadakan "Pengelolaan Magot dan Pembuatan Sabun Berbahan Dasar Ecoenzyme". Dengan narasumber I menghadirkan : Ibu Endang (Faskel Forum Bank Sampah Cokrodiningratan) membawakan Topik: Pengelolaan Magot dan narasumber II menghadirkan : ibu Sri Martini (Pembuatan Sabun Berbahan Dasar Ecoenzyme). Dengan peserta  dari  Bank Sampah Berseri 35 RW 8 Kampung Bumijo.  Acara dibuka oleh Lurah Bumijo, Ibu Ani Purwati, S.Sos beserta Kasie. Pemberdayaan Masyarakat, Ibu Ambariyati, S.I.P. dan Juga turut mendampingi Ketua Forum Bank sampah Kelurahan Bumijo Ibu Siti Rojanah, Faskel Kelurahan Bumijo Ibu CH Sudarminah dan Ibu Sri Purwanti.

Pelatihan ini diadakan bekerja sama dengan LPM UMY dengan Ibu Desi Susilawati, SE, M.sc. CTA sebagai Ketua Pengabdian kepada masyarakat dan ditujukan kepada Bank Sampah Berseri 35 sebagai tindak lanjut dari Gerakan Program "Mbah DIrjo Resik" kata mbak Wiwied BS Berseri 35.

Maggot adalah ulat yang dapat mengurai sampah organik . Saat ini maggot di kembangkan di beberapa daerah untuk mengurangi volume sampah.Pupuk dari hasil penguraian maggot memiliki kandaungan urea yang bagus , Unsur-unsur yang terdapat dalam kasgot dapat memperbaiki struktur tanah, baik itu struktur kimia, biologi, dan fisika sehingga membuat menyeimbangkan tanah dan dapat menyuburkan 4. Maggot memiliki nilai jual yang tinggi dari mulai telur – baby maggot – maggot fress – maggot kering – pupa – kasgot. 

Ibu Sri Martini mengajarkan bagaimana membuat sabun cuci piring dan sabun padat berbahan dasar Eco Enzyme. dengan menjelasakan beraneka ragam manfaat Eco Enzyme.

Progres selanjutnya bs berseri35 akan menambah pengelolaan sampah organik dgn budidaya magot yang akan berdampingan dgn losida serta ember tumpuk. iharapkan permasalahan sampah di wilayah rt 35/08 diselesaikan di wilayah dan tidak perlu dibuang ke tpa ucap ketua Bank Sampah berseri 35 Ibu Purwankamtini (4mb4R)