Poktan Seruja manfaatkan Lahan Kosong untuk Menanam Sayuran

(04/08) bumijokel.jogjakota.go.id - Anggota Kelompok Tani (Poktan) Seruja (Sehat rukun bersahaja), melakukan penanaman bibit sayuran dengan memanfaatkan lahan kosong yang berada di RT 45 RW 10, Kelurahan Bumijo, Kemantren Jetis, Kota Yogyakarta.

Lurah Bumijo Ani Purwati, S.Sos mengatakan, dalam penanamannya, anggota Poktan Seruja dilakukan oleh anggota poktan dibantu kader PKK penanaman memanfaatkan lahan kosong kurang lebih 250 meter persegi. Bibit tanaman menyemai sendiri dan Sebagian beli sendiri dibimbing oleh Ketua Poktan Seruja Ibu Hermin Tri Astuti, S.Ag.

Ibu Hermin  menuturkan, pengelolaan akan dilakukan oleh anggota Poktan Seruja. Untuk hasil panennya nanti, pihaknya akan menyerahkan kepada para anggota poktan. Sebagian bisa untuk biaya tanam kembali, ataupun untuk kas mereka sendiri. “Mereka semua berangkat dari hobi. Memanfaatkan lahan kosong dan menambah penghasilan ibu-ibu anggota. Untuk sayuran yang ditanam di lahan itu antara lain terong ungu ketimun,, kacang panjang, gambas, sawi, tomat cabe, seledri, pisang dan kol” tandasnya.

Didalam lahan Poktan Seruja juga memiliki Biopori Jumbo untuk sampah an organik sesuai dengan program Pemerintah Kota Yogyakarta “mbah Dirjo resik” untuk mengurangi darurat sampah. 4mb4r.