KAMPUNG MENARI ”njogetke masyarakat Kota Jogja”

(1/08) bumijokel.jogjakota.go.id - Bertempat di tiga kampung se Kelurahan Bumijo (Kampung Badran, Kampung Pingit dan Kampung Bumijo) telah melaksanakan Launching Kampung Menari yang diadakan oleh Dinas Kundho Kabudayan  Kota Yogyakarta. Kampung Menari  Kelurahan Bumijo di koordinatori oleh Ibu Anastasia Partini.

Menari → njoget (bahasa Jawa) • Njoget (denotatif) → Gerak mengikuti irama musik • Njoget (konotatif) → “Gerak” (aktivitas) yang dilakukan secara optimal sesuai bidangnya masing-masing.

Konteks Kampung Menari adalah Fasilitasi dan dukungan kepada sanggar sanggar terdaftar (Ber-NIK) untuk melaksanakan pelatihan menari di wilayah kelurahan masing-masing (dengan cakupan peserta dari seluruh kampung di kelurahan  Bumijo) Menggungah menciptakan gagasan, bergerak menyadarkan masyarakat, dan gumregah menghasilkan sesuatu. Menghasilkan sesuatu yang bermanfaat dan menjadi sumber aktivitas seni. • Sumber inspirasi kreatif karya seni. Warga Kampung di Kelurahan Bumijo Antusias mengikuti acara Kampung Menari ini dengan kegiatan ini Menurut Lurah Kelurahan Bumijo Ani Purwati, S.Sos.

Selain untuk melestarikan budaya, Kampung Menari bertujuan untuk mengajak masyarakat guyub dan bersenang-senang. Di Kampung Menari diajarkan tari klasik dan kontemporer dipadukan agar warga semakin giat melestarikan budaya. yaitu  Tari Klasik – Tari Sesigrakan dan  Tari Kreasi – Tari Jampi Jogja. 4mb4r