Pembentukan Kampung Keluarga Berkualitas di Kelurahan Bumijo

(26/07) bumijokel.jogjakota.go.id - Bertempat di Balai RK Bumi Hijau, Kelurahan Bumijo  mengadakan pertemuan untuk pembentukan Forum Kampung Keluarga Berkualitas. Dengan narasumber dari saudara Wahyu Kurniawan selaku Duta Remaja Genre dan juga Duta Berbakat Putra Kota Yogyakarta. Dengan peserta perwakilan dari masing-masing Kampung Pingit, Kampung Bumijo, dan Kampung Badran di Kelurahan Bumijo dan Kemantren Jetis. Acara dipimpin oleh Sekretaris Kelurahan Bumijo, Bapak Zamzukri, S.I.P. beserta Kasie. Pemberdayaan Masyarakat, Ibu Ambariyati, S.I.P.

Kampung Keluarga Berkualitas adalah kampung yang mandiri, tentram, dan bahagia. Dalam konsep lama disebut Kampung Keluarga Berencana dengan wilayah setingkat desa/kelurahan yang memiliki kriteria tertentu dan terdapat keterpaduan Program Bangga Kencana. Kampung Keluarga Berkualitas (Kampung KB) adalah satuan wilayah setingkat kelurahan dimana terdapat integrasi dan konvergensi penyelenggaraan pemberdayaan dan penguatan institusi keluarga dalam seluruh dimensinya guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia, keluarga dan masyarakat.

Sebagai sebuah pendekatan pembangunan yang bersifat universal, dan dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia serta mengoptimalkan penyelenggaraan pemberdayaan penguatan institusi keluarga, maka perlu didorong penyelenggaraan Kampung Keluarga Berkualitas di setiap desa/kelurahan. (r12ky)