Pelatihan Pembuatan Komposter di Kelurahan Bumijo

(18/07) bumijokel.jogjakota.go.id - Bertempat di Balai RK Bumi Hijau, Kelurahan Bumijo  mengadakan "Pelatihan Pembuatan Komposter". Dengan narasumber I menghadirkan : Tri Yulianto (Faskel Forum Bank Sampah Cokrodiningratan) membawakan Topik: Pengelolaan Sampah Organik dengan Ember Tumpuk dan narasumber II menghadirkan : Joko Sularno (Forum Bank Sampah Kota Yogyakarta). Dengan peserta perwakilan dari masing-masing Bank Sampah, Kampung, Faskel, dan PKK di Kelurahan Bumijo dan Kemantren Jetis. Acara dipimpin oleh Lurah Bumijo, Ibu Ani Purwati, S.Sos beserta Kasie. Pemberdayaan Masyarakat, Ibu Ambariyati, S.I.P.

Sampah organik adalah sampah yang berasal dari sisa mahkluk hidup yang mudah terurai secara alami tanpa proses campur tangan manusia untuk dapat terurai.

Sampah organik bisa dikatakan sebagai sampah ramah lingkungan bahkan sampah bisa diolah kembali menjadi suatu yang bermanfaat bila dikelola dengan tepat. Tetapi sampah bila tidak dikelola dengan benar akan menimbulkan penyakit dan bau yang kurang sedap hasil dari pembusukan sampah organik yang cepat.

Ember tumpuk adalah alat pemroses pupuk yang dibuat dengan menyatukan 2 buah ember yang disusun bertingkat. Ember tumpuk digunakan untuk mengolah sampah dengan bantuan larva Hi (Hermetia illucens) pada skala rumah tangga. A Hermetia illucens dikenal juga sebagai BSF (Black Soldier Fly) atau lalat tentara hitam. (r12ky).