MENGOLAH SISA ORGANIK MENJADI ECO ENZYME DI BUMIJO

(19/05) bumijokel.jogjakota.go.id - Apakah kamu pernah mendengar istilah eco enzyme

Ini adalah salah satu produk dari sisa organik yang memiliki banyak manfaat. Eco enzyme pertama kali diperkenalkan oleh Dr. Rosukon Poompanvong yang merupakan pendiri Asosiasi Pertanian Organik Thailand. Tujuan dari proyek ini untuk mengolah enzim dari sampah organik yang biasanya kamu buang ke dalam tong sampah menjadi pembersih organik, atau sebagai pupuk alami dan pestisida yang efektif. Jadi, eco enzyme ini adalah hasil dari fermentasi limbah dapur organik semisal ampas buah dan sayuran, gula (gula coklat, gula merah atau gula tebu), dan juga air. Ia memiliki warna cokelat gelap dan memiliki aroma fermentasi asam manis yang cukup kuat.

Mengetahui manfaat dari eco enzyme maka Kelurahan Bumijo mengadakan Pelatihan pembuatan eco enzyme bagi masyarakat yang berminat mengolah limbah organik yang terbuang sia-sia pada hari Jumat, 19 Mei 2023. Dengan nara sumber Ibu Siti Rojanah dan Ibu Chatarina Tri Sudarminah memberikan informasi serta pelatihan sekaligus praktek langsung bagaimana membuat eco enzyme yang sangat berguna. 

Di buka oleh Ibu Ani Purwati S.Sos selaku Lurah Bumijo memberikan sambutan dan ajakan kepada peserta yang hadir untuk mengolah sampah lebih baik dan lebih berguna demi kenyamanan dan kesehatan masyarakat di Kelurahan Bumijo. Bertempat di Aula Balai RK Bumijo yang saat ini dipakai sebagai Kantor Kelurahan Bumijo sementara, dihadiri oleh 30 peserta yang mayoritas ibu rumah tangga. (chy)