PELATIHAN KULINER DI KELURAHAN BUMIJO BERBASIS TEPUNG MOCAF

(15/3) bumijokel.jogjakota.go.id - Mocaf merupakan produk tepung dari singkong yang termodifikasi. Modifikasi singkong pada mocaf dilakukan dengan cara fermentasi oleh bakteri asam laktat. Fermentasi yang dilakukan mengubah karakteristik tepung sehingga dapat digunakan sebagai bahan baku berbagai produk pangan.

Mocaf ditemukan oleh Prof. Ir. Achmad Subagio, M.Agr. dari Universitas Jember. Achmad Subagio terinspirasi dari pengolahan kentang di Belanda menjadi beberapa jenis tepung dan pati yang dapat digunakan sebagai bahan baku berbagai makanan. Beliau ingin menjadikan singkong yang merupakan pangan lokal dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan. Tujuan awal dari pembuatan mocaf ini adalah untuk menyejahterakan petani singkong.

Untuk peningkatan pendapatan masyarakat, khususnya untuk peserta Gandheng Gendhong yang ada di Kelurahan Bumijo, maka diselenggarakan Pelatihan Kuliner dengan basis Tepung Mocaf tersebut. Harapan dari pelatihan kuliner tersebut selain meningkatkan pendapatan dari peserta, juga menambah variasi makanan. Terkhusus pada pelatihan saat ini adalah dalam bentuk menu Udang Furai dan Pie Bronies tepung Mocaf.

Pelatihan itu sendiri diselenggarakan pada Hari Rabu 15/3/2023 bertempat di Aula Balai Kampung Bumijo " Bumi Hijau". Pelatihan Kuliner mengundang narasumber dari POKJA III yaitu Ibu Tolok Tri Asih dan Ibu Ngatini, dan diikuti oleh 20 peserta yang antusias dari pukul 09.00 sampai dengan akhir pelatihan. (chy)