KREASI SENDOK PLASTIK BEKAS MENJADI CANTIK JELITA

(6/3)Bumijokel.jogjakota.go.id - Banyaknya sampah plastik di lingkungan, tentu merusak kesehatan lingkungan dan masyarakat. Untuk mencegah hal tersebut, diperlukan upaya dalam mengolah sampah plastik agar menjadi barang yang berguna.  Sebagai makhluk sosial, kita tidak hanya menjaga interaksi dengan sesama, melainkan juga dengan lingkungan sekitar.

Salah satu interaksi manusia yang memberikan dampak positif terhadap lingkungan adalah dengan melakukan penghijauan dan melakukan daur ulang terhadap limbah anorganik seperti plastik.  Mengolah limbah plastik menjadi salah satu bentuk upaya menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan sekitar. 

Berlokasi di Aula Kelurahan Bumijo pada hari Senin (6/3/2023) Pertemuan Forum Bank Sampah "Manunggal" Kelurahan Bumijo mengadakan Pertemuan dan Pelatihan Kreasi Kerajinan Daur Ulang Bunga dari Sendok Plastik bekas. Sampah Sendok Plastik yang sebelumnya tidak menarik, setelah dibersihkan dan disulap sedemikian rupa menjadi kerajinan bunga hias yang sangat cantik dan menarik. Sebelum pelatihan ketua Forum ibu Siti Rojanah menyampaikan sosialisasi tentang sampah B3 dan Gerakan Zero Sampah AnOrganik. 

Diinformasikan bahwa bulan februari 2023 lalu DLH Kota Yogyakarta menempatkan Dropbox di Kemantren SE kota Yogyakarta. Untuk pengambilan setiap tanggal 15/setiap bulannya. Untuk program GZSA sampai bulan akhir Februari lalu telah dapat menekan pembuangan di TPA Piyungan sebesar 40 ton/hari, untuk itu terima kasih kepada satgas kelurahan Bumijo dalam turut serta sosialisasi di masyarakat.

Kegiatan ini sangat berguna untuk melatih kreatifitas sembari memberikan income dari peluang bisnis kerajinan tersebut bagi Forum Bank Sampah yang mayoritas dikelola ibu-ibu dan kebanyakan berprofesi Ibu Rumah Tangga. Acara berlangsung dengan lancar dan penuh antusias. (chy)