Pelatihan Ecobrick Forum Bank Sampah Kelurahan Bumijo

(9/8) Bumijo.bumijokel.jogjakota.go.id Pengelolaan sampah atau limbah plastik disebut menjadi salah satu permasalahan besar di seluruh dunia. Karena sifatnya yang tidak dapat terurai, seringkali limbah plastik ini mencemari berbagai macam hal dan mengancam setiap elemen yang berada dalam bumi tercinta. Meskipun produksinya  semakin diminimalkan, limbah plastik masih tergolong mengancam untuk kelangsungan kehidupan. Melihat permasalahan tersebut, ada sebuah solusi alternatif yang ditawarkan untuk mengelola limbah plastik dalam era modern sekarang. Solusi tersebut adalah dengan mengubahnya menjadi ecobrick.

Ecobrick adalah sebuah inovasi visioner yang dikembangkan sebagai solusi pengolahan limbah plastik. Diambil dari dua kata pembentuknya, eco dan brick, Ecobrick secara sederhana didefinisikan sebagai bata ramah lingkungan. Ecobrick sendiri diciptakan oleh Rusel Maier seorang seniman dari Kanada di Filipina. Sangat populer di dunia saat ini, Ecobrick juga sering dikenal dengan nama-nama seperti Bottle Brick atau Ecoladrillo. 

Dikembangkan dari material plastik atau sampah plastik, Ecobrick ini memiliki sifat dasar dari plastik tersebut yaitu kuat, anti air, dan awet. Forum Bank Sampah Manunggal Kelurahan Bumijo, Ibu Rojanah menyampaikan materi pembuatan Ecobrick ini dalam pelatihan pada perkumpulan Bank Sampah di setiap RW pada tanggal 8 Agustus 2022 yang dihadiri pula Ibu Lurah Bumijo, Ani Purwati, S.Sos dan Ka.Sie Pemberdayaan Masyarakat Ambariyati, SIP di RT 07 RW 02.