Revitalisasi Gapoktan melalui Pemilihan Ketua Gapoktan Kelurahan Bumijo

(9/8) Bumijo. bumijokel.jogjakota.go.id. Menurut Peraturan Menteri Pertanian Nomor : 273/Kpts/ot.160/4/2007 tentang pedoman pembinaan kelembagaan petani, Gapoktan adalah  kumpulan beberapa kelompok tani yang bergabung dan bekerja sama untuk meningkatkan skala ekonomi dan efisiensi usaha. Adanya gapoktan agar kelompok tani dapat lebih berdaya guna dan berhasil guna, dan sebuah tantangan yang berat khususnya didaerah perkotaan yang didominasi pemukiman menemui lahan pertanian sangatlah sulit, maka di perkotaan melakukan inovasi pertanian dilorong-lorong menggunakan bekas botol mineral, wallpaper dan sebagainya.

Demikian pula kelompok-kelompok tani yang ada di Kelurahan Bumijo menggunakan teknik pertanian perkotaan yang memanfaatkan lahan sempit. Kelompok-kelompok tani ini secara kelembagaan tergabung dalam Gabungan Kelompok Tani /Gapoktan Kelurahan Bumijo yang awal mulanya hanya 3 kelompok tani, untuk tahun 2022 ini menjadi 6 kelompok tani. Selanjutnya Gapoktan melakukan koordinasi pemilihan Ketua Gapoktan yang diselenggarakan pada hari Selasa, Tanggal. 9 Agustus 2022 yang dihadiri oleh PPL, APP Dinas Pertanian dan Ketahanan Kota Yogyakarta, LKMA Kelurahan Bumijo dan perwakilan kelompok tani se Kelurahan Bumijo.

Pada Rapat tersebut secara aklamasi terpilih Bpk Eddy Mugiharta menjadi Ketua Gapoktan Kelurahan Bumijo, yang kedepan akan melakukan sinergitas kelompok-kelompok tani yang ada supaya tetap eksis dan melakukan koordinasi dengan LKMA dan Dinas Pertanian Ketahanan Pangan untuk menjadikan kegiatan pertanian menjadi lebih baik dan mempunyai nilai tambah sosial dan keekonomian yang positif.