Bank Sampah Lintas Winongo RW 11 Kel. Bumijo menerima Kunjungan dari Pemkab Lampung Selatan.

(10/6) Bumijo. bumijokel.jogjakota.go.id. Bank sampah adalah strategi untuk membangun kepedulian masyarakat agar dapat ‘berkawan’ dengan sampah untuk mendapatkan manfaat ekonomi langsung dari sampah. Jadi, bank sampah tidak dapat berdiri sendiri melainkan harus diintegrasikan dengan gerakan 4R  (reduce, reuse, recycle,dan replace) sehingga manfaat langsung yang dirasakan tidak hanya ekonomi, namun pembangunan lingkungan yang bersih, hijau dan sehat.

Bank sampah juga dapat dijadikan solusi untuk mencapai pemukiman yang bersih dan nyaman bagi warganya. Dengan pola ini maka warga selain menjadi disiplin dalam mengelola sampah juga mendapatkan tambahan pemasukan dari sampah-sampah yang mereka kumpulkan.

Begitupun Bank Sampah di RW 11 Kelurahan Bumijo yang mempunyai Kelompok Bank Sampah Lintas Winongo mencoba membangun kepedulian bersama dengan memanfaatkan sampah untuk mempunyai nilai keekonomian disamping memberikan efek / dampak yang baik menjadikan lingkungan yang bersih dan sehat. Berkaitan dengan hal tersebut Pemkab Lampung Tengah melalui OPD terkait lingkungan dan pemberdayaan masyarakat berkenan berkunjung di Kelompok Bank Sampah Lintas Winongo RW 11 Kelurahan Bumijo, pada Hari Jumat, Tanggal. 10 Juni 2022 Pukul 08.00 yang disambut oleh Lurah Bumijo, Ani Purwati.S.Sos, Perangkat Kemantren Jetis dan Kelurahan Bumijo serta Pengurus dan warga Kelompok Bank Sampah Lintas Winongo RW 11 Kelurahan Bumijo.

Harapan dari kunjungan ini Pemkab Lampung Selatan dapat meniru dan mengaplikasikan apa yang dilaksanakan Kelompok Bank Sampah Lintas Winongo RW 11 ini. (Ag Se)