Koordinasi Satlinmas Kelurahan Bumijo

Kelurahan Bumijo pada hari Rabu tanggal 24 November 2021 telah melaksanakan koordinasi kepada seluruh gugus tugas Satlinmas Kelurahan. Ini merupakan kegiatan pertama sejak terjadinya pandemi Covid-19 di tahun 2020. Selama kurun waktu kurang lebih 2 tahun kebelakang aktivitas Satlinmas di Kelurahan Bumijo sedikit berkurang karena adanya kewajiban dari Pemerintah Pusat untuk mengurangi aktivitas di luar ruangan akibat pandemi. Pertemuan ini diinisiasi oleh Kepala Jawatan Keamanan Kemantren Jetis, Bapak Wagimin, yang dalam acara tersebut sekaligus memperkenalkan diri sebagai Kepala Jawatan Keamanan dan Kepala Seksi Pemerintahan, Ketentraman dan Ketertiban Kelurahan Bumijo yang baru per-Oktober 2021. Dalam acara tersebut turut hadir Bhabinkamtibmas dan Babinsa wilayah Kelurahan Bumijo. Koordinasi dan komunikasi kepada seluruh gugus Satlinmas kembali diingatkan agar lingkungan yang aman tertib dan terkendali kembali tercipta di wilayah Kelurahan Bumijo.

Dalam penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban masyarakat, satlinmas sebenarnya memegang peranan mendasar. Satlinmas menjadi pendeteksi awal atas potensi-potensi konflik dan ketidaknyamanan di dalam masyarakat. Ini dikarenakan akses mereka yang membaur dan bersentuhan langsung dengan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

Satlinmas merupakan jajaran keamanan pertama yang turun langsung ke masyarakat, misalnya terjadi perselisihan warga. Satlinmas biasanya akan membantu menyelesaikannya bersama Lurah setempat. Kenakalan remaja, tindakan pencurian maupun penanganan pertama terhadap bencana tak akan luput dari perhatian satlinmas.

Tugas satlinmas seperti yang tertuang dalam Permendagri Nomor 84 Tahun 2014 antara lain membantu dalam penanggulangan bencana; membantu keamanan, ketenteraman dan ketertiban masyarakat; membantu dalam kegiatan sosial kemasyarakatan; membantu penanganan ketenteraman, ketertiban dan keamanan dalam penyelenggaraan pemilu; dan membantu upaya pertahanan Negara.