Workshop Hatinya PKK dan B2SA

Hatinya PKK merupakan suatu gerakan masyarakat untuk memanfaatkan halaman di sekitar . Dengan memanfaatkan pekarangan/halaman rumah dengan tanaman produktif atau tanaman hias diharapkan dapat memberikan nilai untuk keindahan dan kenyamanan rumah serta jika ada produk lebih akan bisa bernilai ekonomis dan meningkatkan ekonomi keluarga.

Setiap individu pasti membutuhkan pangan yang berkualitas untuk dapat hidup sehat, aktif dan produktif. Konsumsi pangan yang berkualitas dapat diwujudkan apabila makanan yang dikonsumsi sehari-hari mengandung zat gizi lengkap dengan jumlah yang berimbang antar kelompok pangan, serta memperhatikan cita rasa , daya cerna, daya terima dan daya beli masyarakat. Pola konsumsi pangan sehat tersebut dikenal dengan istilah Pangan Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA).

Menurut Kasie Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Bumijo Workshop Hatinya PKK dan B2SA bertujaan untuk memanfaatkan pekarangan rumah menjadi lahan produktif seperti menanami tanaman produktif (tanaman sayur,buah,tanaman hias) untuk mendukung ketahanan pangan nasional dengan memberdayakan potensi pangan lokal yang dimiliki masing-masing daerah terutama saat pandemi Covid-19.

Melalui progran hatinya PKK pekarangan yang dikelola dengan baik diharapkan mampu memberikan manfaat bagi kehidupan keluarga dan dapat dimanfaatkan sebagai taman bermain,tempat rekreasi,sumber pangan dan sumber pendapatan.

Acara dbuka oleh Lurah Bumijo Ani Purwati,S.Sos dengan narasumber Ibu Dian Wijaningrum Ketua TP PKK Kota Yogyakarta dan Ibu Tolok Triasih Pokja 3 PKK Kota Yogyakarta.